Minggu, 17 Maret 2013

Resep Cara Membuat Kue Begina dan Kue Uli Empuk


Bagaimana cara membuat Kue asli bali Jaja Gina dan Jaja Uli  yang empuk dan Gurih.
Jaja Gina adalah sebuah jajan kering yang telah menjadi warisan nenek moyang yang mulai memudar dikalangan masyarakat. Padahal Jajan Gina dan jajan Uli dipelukan hampir setiap hari. Untuk mengisi kelengkapan banten dan juga enak untuk dipakai teman kopi dipagi hari. Jajan Gina dan Uli selain bisa diawetkan juga praktis bisa digunakan kapan mau perlu. Cara mengawetkan cukup sederhana hanya dengan menjemur tanpa tambahan sat pengawet.
Tidakkah terbesit dalam pikiran kita bahwa ini adalah peluang emas ?????
Sekarang masyarakat kota kebanyakan sibuk dengan urusan kantor dan bisnis pariwisata , kita yang didesa mari coba kembangkan Jajanan warisan ini secara Profesional , dengan menambah sedikit aksesoris , atau label sehingga menarik dari segi tampilan , Masyarakat kota ingin yang praktis , ekonomis dan layak ditampilkan.
Cara Buat Jajan Uli dan Gina yang benar.
Pilih ketan yang kwalitas Bagus , jangan yang campuran beras. direndam selama 2 jam dengan air kelapa yang telah diisi daun pewangi dan penyedap rasa alami seperti mrica /tingkih dan sedikit garam beleng . dikukus sampai matang .diaron , pakai pewarna alami seperti kalau mau merah pakai gula aren , mau hijau pakai air daun sugih , dikukus kembali . setelah matang kalau mau jajan Uli tumbuk sampai halus . kalau mau jajan Gina tinggal cetak.
Karena  untuk keperluan sehari-hari sebaiknya dicetak kecil-kecil dengan diameter maksimal 5 cm sehingga tak perlu memecah saat dipakai banten Ajeng-ajengan.

Variasi kue dan jajanan Nusantara sangatlah banyak, diantaranya:
Selamat mencoba