Kamis, 25 April 2013

Resep Cara Membuat Kue Apem Gula Merah

Menurut sejarah Klaten, kue apem konon adalah makanan yang dibagikan Ki Ageng Gribig ketika beliau pulang dari tanah suci. Pada saat itu beliau hanya membawa oleh – oleh sebanyak tiga buah makanan. Akhirnya beliau mensiasatinya dengan membuat kue yang mirip dengan oleh – oleh itu bersama istrinya untuk dibagikan ke masyarakat dan sampai saat ini masih menjadi tradisi yang bernama yaqowiyu. Oleh masyarakat akhirnya kue itu diberi nama apem yang berasal dari saduran bahasa arab “affan” yang berarti ampunan.
Bahan I:
250 gr tepung beras
150 gr tepung terigu
250 ml air kelapa
300 ml santan
250 gr gula merah, iris halus
2,5 sdt baking powder
1 sdt bumbu spekuk
1 lembar daun pandan, simpulkan
½ sdt garam halus
Bahan II:
250 gr tepung beras
150 gr tepung terigu
250 ml air kelapa
300 ml santan dari ½ butir kelapa
200 gr gula pasir, iris halus
2,5 sdt baking powder
1 lembar daun pandan, simpulkan
½ sdt garam halus
Pelengkap :
Saus strawberry,
Cokelat Parut
Buah Mangga, potong-potong
Cara Membuat :
Bahan I:
- Didihkan air kelapa, masukkan gula merah, garam dan daun pandan. Masak hingga mendidih, angkat, saring. Dinginkan.
Tuang rebusan air kelapa ke dalam tepung beras, aduk hingga tercampur rata. Masukkan santan, tepung terigu, bumbu spekuk dan baking powder, aduk hingga rata, Diamkan sebentar hingga adonan agak mengembang mengembang
Siapkan cetakan cake yang telah diolesi dengan minyak goreng. Tuang adonan I hingga setengah dari tinggi cetakkan. Kukus selama 30 menit atau hingga kue matang.
Bahan II:
- Didihkan air kelapa dengan gula pasir, garam dan daun pandan. Masak hingga mendidih, angkat, saring, dinginkan. Tuang rebusan air kelapa ke dalam tepung beras, aduk rata. Tambahkan santan, tepung terigu, dan baking powder ke dalam adonan tepung beras. Aduk hingga rata
Tuang adonan II diatas adonan I yang telah dikukus, lakukan berulang hingga adonan habis, kemudian kukus hingga matang. Angkat dan sajikan dengan saus strawberry, parutan cokelat dan potongan mangga.

Variasi kue dan jajanan Nusantara sangatlah banyak, diantaranya:
Selamat mencoba